Saturday, August 6, 2011

BLACK HOLE..‘Maka aku bersumpah dengan khunnas, yang berjalan lagi menyapu.’ (at-Takwir: 15-16)

Black Hole dalam Alquran

— Tags: , — فضيل حنفي @ 6:54 am
Penemuan ahli astronomi modern terpenting adalah apa yang disebut Black Hole (Lobang Hitam) yang menunjuk kepada bintang-bintang yang sangat berat. Bintang merupakan entiti yang melampaui fase pembentukan, kemudian ia membesar dan berkembang hingga sampai fasa kematian. Ketahuilah Black Hole itu berada pada fasa terakhir. Ketika isipadu bintang itu berkembang dengan skala yang besar, maka gravitinya meningkat hingga batas-batas yang sangat besar, sehingga ia menarik segala sesuatu, hingga cahaya tidak boleh terlepas dari graviti yang besar.
Karena itu, kita tidak mungkin melihat benda ini selama-lamanya karena ia sangat tersembunyi. Dan karena itulah ia disebut Black Hole. Ahli sains menyatakan bahwa benda ini berjalan di alam semesta dengan kecepatan yang tinggi dan menarik setiap benda yang mendekatinya. Seandainya kita meminta ahli astronomi untuk mendefinisikan mahluk yang menakjubkan ini secara ilmiah dan sesuai dengan penemuan mereka yang paling baru, maka mereka akan mengatakan:
1. Black Hole adalah bintang yang berat massanya dan tersembunyi sehingga tidak boleh dilihat. 2. Makhluk ini berjalan dengan kecepatan mencapai puluhan ribu kilometer /saat. 3. Black Hole menarik, menekan, dan membersihkan setiap sesuatu yang ditemuinya dalam perjalanannya.
Jadi sekarang kita merujuk kepada isyarat al-Qur’an mengenai benda tersebut. Allah berfirman yang makna harfiahnya sebagai berikut, ‘Maka aku bersumpah dengan khunnas, yang berjalan lagi menyapu.’ (at-Takwir: 15-16)
Mari kita amati maknanya dan sejauh mana kesesuaiannya dengan data-data sain modern.
Kata khunnas berarti sesuatu yang tidak terlihat selama-lamanya. Kata ini terbentuk dari kata khanasa yang berarti tersembunyi. Karena itu, setan dalam surat an-Nas disebut khannas karena ia tidak boleh di-lihat. Kata al-jawari berarti yang berjalan atau berlari. Dan kata al-khunnas terambil dari kata kanasa yang berarti menarik sesuatu yang dekat dan menghimpun kepada dirinya dengan kuat. Dan inilah yang benar-benar terjadi pada Black Hole, tepat seperti yang dibicarakan al-Qur’an.

No comments:

Post a Comment